Senin, 26 Desember 2011

[Kulit Manggis] Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Kulit Manggis has posted a new item, 'Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan'

Sudah berabad-abad yang lalu buah anggur dikenal oleh masyarakat di dunia. Selain memiliki rasa yang lezat dan manis, buah ini juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini mari kita bahas sedikitnya mengenai khasiat buah anggur untuk kesehatan.

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang berupa perdu merambat dan termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Di Indonesia sendiri, buah anggur ini mulai dikenal sejak tahun 1682 dan pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan.

Anggur (Vitis vinifera) dapat langsung dimakan mentah atau dibuat cuka, suplemen/ekstrak, jelly, jus, kismis, minyak, selai, wine (semacam minuman fermentasi hasil perasan anggur), juga dipakai sebagai bahan baku di confectionery (perusahaan/toko pembuat gula-gula).

Buah anggur memiliki banyak kandungan di dalamnya, tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah anggur memiliki banyak manfat untuk kesehatan seperti mengatasi penyakit jantung maupun menjaga kecantikan.

Kandungan Dalam Buah Anggur

Menurut USDA nutrient database, setiap 100 gram (3,5 oz) anggur hijau atau anggur ungu mengandung karbohidrat (18,1 gram), gula (15,48 gram), serat makanan (0,9 gram), lemak (0,16 gram), protein (0,72 gram); vitamin B1 (0,069 mg), B2 (0,07 mg), B3 (0,188 mg), B5 (0,05 mg), B6 (0,086 mg), B9 (2 μg), C (10,8 mg), E (0,19 mg), K (22 μg); fosfor (20 mg), kalium (191 mg), kalsium (10 mg), magnesium (7 mg), mangan (0,071 mg), natrium (3,02 mg), seng (0,07 mg), zat besi (0,36 mg), turunan stilbene, trans-Resveratrol (trans-3,5,40-trihydroxystilbene).

Biji anggur mengandung flavonoid (4-5%), termasuk kaempferol-3-O-glucosides, quercetin-3-Oglucosides, quercetin, dan myricetin. Flavonoid merupakan senyawa fitokimia pemberi warna ungu pada anggur.

Anggur juga kaya polifenol. Sekitar 60–70% polifenol anggur ditemukan di bijinya. Polifenol biji anggur merupakan derivatives (turunan) flavan-3-ol. Komponen utamanya adalah (+)-catechins, (−)-epicatechin,(−)-epicatechin-3-O-gallate, procyanidins dimers (B1-B5), procyanidin C1, dan procyanidin B5-3′-gallate. Termasuk juga procyanidins atau proanthocyanidins yang sebagian besar heksamer.

Anggur juga kaya akan anthocyanin, 3-glucosides, 3-acetylglucosides, 3-coumaroylglucosides, 3-caffeoylglucosides, 3,5-diglucosides, 3-acetyl-5-diglucosides, 3-coumaroyl-5-diglucosides, dan 3-caffeoyl-5-diglucosides of cyanidin, delphinidin, peonidin, petunidin, dan malvidin.

Apa Saja Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan?

Banyak sekali khasiat buah anggur untuk kesehatan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengakibatkan masalah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buah anggur juga memiliki sifat basa sehingga kurang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi anggur :

1. Mengatasi Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Sebagai Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Pencegahan Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Mencegah Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Mengatasi Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Pencegahan Diabetes

Anggur memiliki efek antidiabetes. GSPE (grape seed proanthocyanidin extract) dilaporkan efektif mengobati diabetik nefropati. GPSE (250 mg/kg berat badan/hari) juga memperbaiki kerusakan jantung yang berhubungan dengan glycation pada hewan coba.

Selain itu, ekstrak biji anggur juga memiliki efek antihiperglikemik sehingga bermanfaat mencegah diabetes melitus tipe 2. Percobaan yang dilakukan N.Şendoğdu,dkk (2006) membuktikan bahwa ekstrak ethanol daun anggur pada dosis 250 mg/kg memiliki aktivitas antidiabetes dan antioksidan yang tinggi.

Secara umum, dosis optimum ekstrak biji anggur yang direkomendasikan adalah 150-200 mg/hari, 2-3x minum, atau sesuai saran dokter/ahli herbal.

Saponin (15 mg/hari) dapat menurunkan kadar gula darah, menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol di dalam darah. Asam ellagic membantu memperlambat berkembangnya tumor.

9. Untuk Kecantikan

Buah anggur memiliki kandungan resveratroli maupun unsur fitokimia yang sangat bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit, perawatan wajah, serta mencegah proses penuaan dini. Kandungan ini pun ternyata juga berkhasiat dalam mencegah proses kebutaan mata akibat penuaan. Bahkan penelitian ilmuwan di Universitas Washington, Amerika Serikat juga menemukan kandungan itu dalam menekan dan mengatasi angiogenesis, penyebab terjadinya penebalan dinding arteri pada penyakit jantung dan juga penyebab terjadinya penyakit kanker.

10. Menyembuhkan Migrain.

Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

11. Mengurangi Gangguan ginjal.

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.(Idiva)

Sekarang ini, banyak sekali berbagai macam makanan yang mengandung buah anggur. Sehingga anda tidak perlu repot mencari buah anggur. Berbagai macam khasiat dan manfaat dapat anda peroleh dari buah mungil ini. Mari mulai dari sekarang untuk rutin mengkonsumsi buah anggur, selain menikmati rasanya yang manis dan menyegarkan juga anda dapat memperoleh khasiat anggus untuk kesehatan.

Artikel terkait : Obat herbal liver empedu

You may view the latest post at http://www.kulitmanggis.biz/2011/12/26/khasiat-buah-anggur-untuk-kesehatan/ You received this e-mail because you asked to be notified when new updates are posted. Best regards, admin kulitmanggis.biz@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar