Rabu, 21 Desember 2011

[Kulit Manggis] Penyakit Radang Paru paru Akut

Kulit Manggis has posted a new item, 'Penyakit Radang Paru paru Akut'

Penyakit Radang Paru paru Akut

Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang terdapat didalam tubuh manusia dan memiliki peranan penting di dalam kehidupan. Sering kali banyak diantara kita tidak dapat menjaga kesehatannya sehingga dengan mudah terserang penyakit radang paru-paru. Penyakit radang paru paru akut (pneumonia) adalah suatu penyakit peradangan yang terjadi pada paru-paru, di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari udara meradang dan terisi oleh cairan.

Perlu adanya kewaspadaan bagi anda para orang tua akan penyakit radang paru paru akut. Karena survei membuktikan jika penyakit radang paru paru akut banyak diderita oleh anak-anak sehingga menjadikannya sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak di seluruh dunia.

Penyakit radang paru paru akut pada anak dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Biasanya radang paru-paru disebabkan oleh adanya infeksi virus. Karena adanya infeksi, jalan udara kecil yang ada di paru-paru menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir. Lendir ini menghalangi jalannya udara dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Radang paru-paru dapat terjadi pada hanya satu bagian dari paru-paru atau seluruh bagian dari paru-paru.

Penyakit radang patu-paru biasanya terjadi setelah terjadi penyakit pernafasan lainnya seperti campak, batuk rejan, influenza, asma, peradangan pernafasan (bronkitis), atau penyakit lainnya.

Penyebab Penyakit Radang Paru paru Akut

Penyebab penyakit radang paru-paru adalah:

  1. Bakteri (paling sering menyebabkan radang patu-paru pada dewasa):
    - Streptococcus pneumoniae
    - Staphylococcus aureus
    - Legionella
    - Hemophilus influenzae
  2. Virus: virus influenza, chicken-pox (cacar air)
  3. Organisme mirip bakteri: Mycoplasma pneumoniae (terutama pada anak-anak dan dewasa muda)
  4. Jamur tertentu.

Adapun cara mikroorganisme itu sampai ke paru-paru bisa melalui:
- Inhalasi (penghirupan) mikroorganisme dari udara yang tercemar
- Aliran darah, dari infeksi di organ tubuh yang lain
- Migrasi (perpindahan) organisme langsung dari infeksi di dekat paru-paru.

Beberapa orang yang rentan (mudah terkena) penyakit radang paru paru akut adalah:

  1. Peminum alkohol
  2. Perokok
  3. Penderita diabetes
  4. Penderita gagal jantung
  5. Penderita penyakit paru obstruktif menahun
  6. Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker, penerima organ cangkokan)
  7. Gangguan sistem kekebalan karena penyakit (penderita AIDS).

Gejala penyakit radang paru paru :

Gejala-gejala yang biasa ditemukan adalah:
- batuk berdahak (dahaknya seperti lendir, kehijauan atau seperti nanah)
- nyeri dada (bisa tajam atau tumpul dan bertambah hebat jika penderita menarik nafas dalam atau terbatuk)
- menggigil
- demam
- mudah merasa lelah
- sesak nafas
- sakit kepala
- nafsu makan berkurang
- mual dan muntah
- merasa tidak enak badan
- kekakuan sendi
- kekakuan otot.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan:
- kulit lembab
- batuk darah
- pernafasan yang cepat
- cemas, stres, tegang
- nyeri perut.

Pengobatan Penyakit Radang Paru paru Akut

Kepada penderita yang penyakitnya tidak terlalu berat, bisa diberikan antibiotik per-oral (lewat mulut) dan tetap tinggal di rumah. Penderita yang lebih tua dan penderita dengan sesak nafas atau dengan penyakit jantung atau paru-paru lainnya, harus dirawat dan antibiotik diberikan melalui infus. Mungkin perlu diberikan oksigen tambahan, cairan intravena dan alat bantu nafas mekanik.

Kebanyakan penderita akan memberikan respon terhadap pengobatan dan keadaannya membaik dalam waktu 2 minggu.

Bagi anda yang ingin mengobati penyakit radang paru paru akut secara alami yang aman, tanpa menimbulkan efek samping juga tanpa mengakibatkan efek ketergantungan salah satu solusinya yaitu dengan obat herbal radang paru-paru dari jus kulit manggis xamthone plus, klik >> obat herbal radang paru-paru

Pencegahan Penyakit Radang Paru paru Akut

Untuk orang-orang yang rentan terhadap penyakit radang paru paru akut, latihan bernafas dalam dan terapi untuk membuang dahak, bisa membantu mencegah terjadinya penyakit radang paru-paru. Pencegahan tertentu lebih baik dilakukan agar tidak terlanjur berakibat fatal jika terserang. Sebab, jika terdapat gagal jantung atau si penderita sudah lanjut usia, penyakit radang baru akan sulit di atasi dan bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Radang atau infeksi bisa menyebar kealiran darah, lalu kemudian bercokol pada organ-organ lain, dan akhirnya bisa menyebabkan timbulnya abses. Jadi, agar Anda dan orang lain tak terserang radang paru, perhatikan hal-hal berikut:

1. Dapatkan vaksinasi jika Anda termasuk orang yang beresiko tinggi terkena radang paru, misalnya jika Anda penderita penyakit kronis, seperti penyakit paru-paru, jantung, diabetes, kelainan darah, asma, dan sebagainnya.
2. Jangan lupa cuci tangan. Tangan amat sering bersentuhan langsung dengan kuman penyakit penyebab radang paru.
3. Jangan merokok. Rokok merusak pertahanan alami paru-paru terhadap infeksi pernapasan.
4. Aturlah pola makan sebaik mungkin dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran serta kacang-kacangan.
5. Lindungi orang lain dari infeksi. Jika Anda menderita radang paru, hindarilah orang lain dari penyakit ini dengan cara menjaga jarak untuk sementara waktu, misalnya dengan menggunakan penutup mulut dan batuk serta ditutupi sapu tangan.

Untuk langkah pencegahan penyakit batuk, maupun berbagai masalah penyakit yang berasal dari paru-paru sangat ditekankan bagi anda untuk menghindari merokok. Itulah kira-kira beberapa pembahasan sederhana mengenai penyakit radang paru paru akut. Cegah dan tangani sedari dini dan selalu menjaga pola hidup serta kesehatan tubuh anda dari sekarang. :D

Artikel terkait : jelly gamat gold g

You may view the latest post at http://www.kulitmanggis.biz/2011/12/21/penyakit-radang-paru-paru-akut/ You received this e-mail because you asked to be notified when new updates are posted. Best regards, admin kulitmanggis.biz@gmail.com

2 komentar:

  1. Info yang bermanfaat, terimakasih banyak artikelnya..

    http://obatasliindonesia.com/obat-herbal-radang-paru-paru/

    BalasHapus